Kerja Sama Indonesia Dengan India

Kerja sama Indonesia dengan India telah lama berlangsung. Salah satu buktinya dapat dilihat dengan masuknya agama hindu dan budha yang bersal dari India ke Indonesia. Candi-candi megah yang di bangun di Indonesia merupakan satu bantuk kerja sama antara d India dengan Indonesia pada masa lalu.

Dalam bidang diplomatik, India dan Indonesia merupakan pencetus terlaksananya koferensi Asia Afrika pada tahun 1955 di kota Bandung, Indonesia. Ide lahirnya Gerkan Non-Blok juga atas peran kedua Negara tersebut.
Dalam bidang ekonomi, kegiatan ekspor impor Indonesia dengan India telah berlangsung dengsn baik. Ekspor Indonesia ke India berupas minyak bumi dan alcohol. Adapun impor Indonesia dari India berupa kendaraan bermotor roda tiga (bajaj), tekstil (kain sarung), goni, gula dan lain-lain.
Di bidang social, Indonesia mengirimkan bantuan pangan sebanyak 5 juta ton beras ketika India dilanda kelaparan. Demikian pula halnya, India pun perna mengirim obat-obatan dan tenaga dokter, ketika Indonesia sedang mengalami perang kemerdekaan melawan Belanda.
Dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, kunjungan misi kebudayaan antarkedua Negara sering dilakukan untuk mempererat persahabatan dan kerja sama antara kedua Negara tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar