Kerja Sama Indonesia Dengan Jepang

Di bidang ekonomi, Indonesia mengekspor ke Negara Jepang, seperti minyak bumi, gas alam (Liquefied Natural Gas = LNG), timah putih, biji logam, kayu, kopi, rumput laut, udang segar, ikan, hasil-hasil kerajinan, dan lain-lain. Indonesia mengimpor dari jepang berupa kendaraan bermotor, alat-alat elektronik, mesin-mesin, bahan-bahan kimia, alat-alat, dan mainan anak-anak.
Dibandingkan dengan Negara-negara lain, jepang merupakan Negara yang terbanyak menanamkan modalnya di Indonesia. Salah satu bukti adalah besarnya bantuan ekonomi Jepang melalui CGI (Consultative Group on Indonesia). Penanaman modal jepang di Indonesia kebanyakan dalam bidang industry dan perkembangan.
Kerja sama dalam bidan[erhubungan antara Indonesia dan jepang telah lama berlangsung. Perusahaan penerbangan Jepang (japan airlines = JAL) dan perusahaan penerbangan Iindonesia (Garuda Indonesia airways = GIA) telah mempunyai jadwal penerbangan yang tetap antara Indonesaia dengan Jepang.
Dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, antara Jepang dan Indonesia telah dilakukan kegiatan pertukaran mahasiswa. Demikian pula,banyak mahasiswa maupun dosen-dosen dari Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke Jepang.
Di bidang ketenagakerjaa, banyak tenaga ahli Jepang yang bekerja menangani proyek-proyek besar di Indonesia. Demikian halnya dengan tenaga kerja di Indonesia, banyak yang dilatih di Jepang dalam rangka ahli teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar