Pengertian Konflik

Sebelum memahami konflik lebih lanjut, apakah kamu tahu berasal dari bahasa apakah kata konflik itu? Konflik berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata conflictus yang artinya saling berbenturan, bertentangan, berlawan, atau semua bentuk benturan, ketidaksesuaian, ketidakserasian saat individu atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi tujuan dengan caranya sendiri-sendiri.

Pengertian konflik dapat berbeda satu sama lainnya hal ini tergantung dari sudut pandangnya. Secara umum konflik dapat didefinisikan sebagai kondisi yang ditimbulkan oleh adanya kekuatan yang saling bertentangan.
Lewis Coser berpendapat konflik bisa berarti perjuangan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat untuk memperjuangkan nilai serta tuntutan atas status, kekuasaan, dan sumber daya yang bersifat langka pada kelompok lain. Hal tersebut dapat dolakukan dengan cara mencederai atau melenyapkan lawan, akibatnya lawan akan member balasan yang serupa.
Menurut Clinton F. Fink konflik adalah hubungan fisiologis yang berkaitan dengan tujuan-tujuan yang tidak dapat disesuaikan dan tidak dapat dipertemukan dengan adanya struktur nilai yang berbeda. Di dalam kehidupan sehari-hari pengertian konflik dapat dibedakan menjadi dua, yaitu konflik dalam arti negatif dan konflik dalam arti positif. Konflik dalam arti negatif sering dihubungkan dengan kakerasan, penghancuran, emosi yang tanpa control, hura-hura, pemogokan, dan demonstrasi. Konflik dalam arti positif sering juga disebut persaingan sehat, dimana pihak-pihak yang bersaing secara sadar bersifat sportif dalam mencapai suatu tujuan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar