Kerja Sama Indonesia Dengan Negara-negara Di Benua Afria

Hubungan kerja sama Indonesia di Negara-negara di benua Afrika, khususnya dengar Mesir, Zaire, Nigeria, Malagasi, dan Afrika Selatan telah terjalin dengan baik.
Hubungan diplomatik, baik secara bilateral maupun multilateral telah sering kita lakukan dengan Negara-negara tersebut. Demiian pula halnya dibidang ekonomi dan perdagangan, kita telah melakukan  kontak dagang walaupun volumenya masih rendah. Beberapa hubungan kerja sama Indonesia dengan  Negara-negara tersebut adalah sebagai berikut:
Mesir merupakan Negara di kawasan Afrika yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Mesir dan Indonesia termaksuk Negara pelopor berdirinya Gerakan Non-Blok. Indonesia, Mesir, Zaire, Nigeria, dan Malagasi merupakan anggota Gerakan Non-Blok. Masing-masing negara telah bekerja sama dalam dunia internasional untuk mewujudkan perdamaian dunia dan hidup berdampingan secara damai serta memelihara dan memperkokoh persatuan antara sesama negara anggota Gerakan Non-blok.
Indonesia, Mesir, Zaire, Kenya, Nigeria, dan Malagasi merupakan anggota Gerakan Non-Blok masing-masing negara telah bekerja sama dalam dunia internasional untuk mewujudkan perdamaian dunia dan hidup berdampingan secara damai serta memelihara dan memperkokoh persatuan antar sesama negara anggota negara Non-Blok.
Indonesia beserta negara-negara Non-Blok lainnya secara bersama-sama ikut memperjuangkan persamaan hak antara kulit hitam dengan kulit putih di repulik Afrika Selatan. Perjuangan tersebut akhirnya berhasil dengan dihapuskan politik Apartheid di negeri itu dan Nelson Mandela dari ras kulit hitam terpilih menjadi presiden.
Indonesia dan Nigeria sebagai sesame anggota OPEC, saling membantu menjaga kestabilan harga minyak agar tidak merugikan para anggota OPEC.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar