Wilaya Negara Malaysia

Wilayah Negara Malaysia terbgi atas dua bagian, bagian barat dan bagian timur. Bagian barat meliputi bagian terbesar di Semenanjung Malaka Wilayah bagian timur terdiri atas dua Negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak, terletak dibagian utara  Pulau Kalimantan. Bagian barat semenanjung berupa tanah datar, bagian timur bergunung dan berawa. Dibagian barat penduduknya sangat padat. Didaerah itulah terdapat banyak perkebunan dan pertambangan. Malaysia kaya akan sumber alam. Malaysia adalah penghasil timah terbesar didunia. Bauksit (bahan pembuat aluminium) juga merupakan hasil pertmbangan Malaysia. Malaysia juga merupakan penhasil terbesar karet alam dan minyak sawit di dunia. Hasil lainnya berupa kayu jati, kayu eboni, kayu cendana, dan kayu kamper.
Penduduk asli Malaysia serumpun dengan bangsa Indonesia dan bangsa Filpina, yaitu rumpun bangsa Melayu. Bangsa Melayu merupakan penduduk terbesar Malaysia. Penduduk lainnya terdiri atas orang india, Pakistan, Srilangka, Bangladesh, dan cina.
Bahasa resmi Malaysia adalah bahasa  Melayu. Bersama Indonesia Malaysia menciptakan satu bahasa untuk kedua bangsa.Bahasa Inggris banyak dipergunakan dalam dunia usaha dan pemerintahan. Bahasa lainnya adalah bahasa Cina dan Tamil.
Pemerintah Malaysia menentukan wajib belajar selama 9 tahun bebas biaya.
Bentuk pemerintahannya kerajaan federasi dan anggota negara persemakmuran Iggris. Kepala pemerintahannya perdana menteri. Ibu kota Negara kualalumpur. Penduduk berjumlah sekitar 16.573.000 jiwa (1988).
Mata uangnya dollar Malaysia (ringgit).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar