Bentang Alam Benua Asia

Bentang alam Benua Asia memiliki relief yang beragam. Relief adalah perbedaan tinggi-rendah paermukaan bumi. Relief di daratan berupa adanya gunung-gunung, dataran tinggi, dataran rendah, lembah, dan sebagainya.
Salah satu contoh relief daratan di Benua Asia adalah pegunungan Himalaya. Pegunugnan Himalaya merupakan in ti pegunungan di Asia. Mount Everest yang tingginya 8.883 m merupakan puncak Pegunungan Himalaya dan digolongkan sebagai salah satu puncak tertinggi di dunia.
Pegunungan Himalaya tertutup olrh salju abadi. Bila kita perhatikan, semakin ke timur dan tenggara, Pegunungan Himalaya semakin lebar dan landai. Bahkan, di beberapa bagian terdapat celah-celah terjal yang merupakan hulu dari sungai-sungai yang mengalir ke semenangjung Indocina, Myanmar, Thailand sampai ke semenangjung Malaya.
Adapun kearah timur laut, yakni dari pegunungnan Hindu-Kush (Afganistan) dan pegunungan Karakorum (Kashmir India), pegunungan semakin melebar . pegunungan tersbut akhirnya bersabung dengan Pegubungan Tien (sebelah barat laut cina),Pegunungan Altai Besar (Mongolia) sampai gugusan Pegunungan Siberia Selatan. Ke arah barat, barisan pegunungan ini mulai melandai dan membetuk datran-dataran tinggi (Plato). Dataran tinggi tersebut terdapat di Iran, Anatolia (Turki), semenanjung Arap, sapanjang laut Merah dan teluk aden , pegunungan tujuh Dara di Sri Lanka, Dataran Tinggi Dekan di India serta deretan pegunungan-pegunungan yang terdpat di indocina dan Indonesia. Relief dataran yang terendah di Bumi juga terdpat di Benua Asia.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar