Negara Asia Tenggara

Negara kita, Indonesia, termsuk dalam wilayah Asia. Wilayah Asia dibagi menjadi beberapa kawasan, yaitu kawasan Asia barat, Asia selatan, dan asia timur.
Indonesia terletak dikasan Asia tenggara. Negara lain yang terletak di kawasan Asia tenggara iyalah Myanmar, Muangthai, Laos, Kampudia, Vietnam, Malaysia, Singapura , Filipina, dan Brunaiddarussalam. Negara-negara itu merupakan negara tetangga kita. Selain Negara-negara tersebut, kitapun mempunyai negara tetangga yang terletak disebelah timur Negara kita, yaitu Papua nugini. Ngara itu terletak di Pulau Irian (sebelah timur Propinsi Irian Jaya) dan merupakan salah satu negara yang berbatasan darat dengan Indonesia. Meskipun demikian, Papua Nugini tidak termasuk Asia Tenggara.
Fipina terletak di Samudra Pasifik, disebelah timur laut Pulau Kalmantan, dan disebelah Pulau Formosa (Taiwan).
Filipina merupakan Negara kepulauan. Pulau-pulau itu berjumlah sekitar 7.100 buah. Pulau terbesar dibagian utara adalah Pulau Luzon, sedang Pulau terbesar dibagian selatan adlah Pulau Mindanao. Dilihat dari penghidupan penduduk, Filipina merupakan negara pertanian. Bagian terbesarnya adalah petani.
Penduduk asli Filifina termsuk rumpun bangsa melayu seperti bangsa Indonesia dan bangsa Malaisia. Kemudian dating ke Filifina bangsa Cina, bangsa Spanyol, dan bangsa Amerika. Perkawinan pendatang baru itu menurunkan orang Indo yang disebut Mestizo. Di daerah-daerah terpencil juga hidup suku negrito (bertubuh kecil dan berkulit hitam)
Negara Filifina berbentuk republik. Kepala negaranya presiden. Ibu kota Negara, Manila. Bahasa tagalong merupakan bahasa nasional. Di Filifina juga dipergunakan bahasa inggris, dan bahasa daerah lainnya.
Hasil pertanian adalah beras, jagung, kelapa, gula, abaka, tembakau, dan buah nanas. Pulau Luzon merupakan gudang beras Filifina. Hasil pertambangan Filifina adalah tembaga, emas, biji besi dan mangan. Mata uang Filifina adalah peso Filifina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar