Kutup Utara (Arktik)

Kutup utara atau atau daerah Arktik di batasi oloh lingkaran Arktik. Lingkaran arktik disebut dengan lingkaran kutup utara, yaitu pada garis 66ᵒ30’LU. Daratan arktik terdiri atas bagian utara dari Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, Greenland, bagian utara Alaska, kanada bagian utara, serta bagian pulau-pulau yang terdapat di sebelah utara Benua Eropa, Asia, dan Amerika. Perairan yang berada di kawasan Kutup Utara adalah laut es Utara (Samudra Arktik) dan beberapa laut yang luasnya lebih sempit, seperti Laut Beaufort, Laut Barents,dan Laut Siberia.
Daratan di Kutup Utara menunjukkan adanya suatu relief berupa pegunungan-pegunungan dan gunung yang mencapai ketinggian lebih dari 3000 m. keadaan tersebut hampir sama dengan yang terdapat di Greenland yang luasnya 2.175.000 km² dan merupakan pulau terbesar di Dunia
Iklim di kawasan Kutup Utara sangat dingin. Suhu udara selalu di bawah 0ᵒC. di tempat- tempat tertentu, pada musim dingin suhunya dapat mencapai -70ᵒC.
Sebagian besar daratan du Kutup Utara selalu tertutup oleh salju  abadi. Akan tetapi, sebagian kecil dari wilayah Kutup Utara yang merupakan bagian dari Benua Eropa, Asia, dan Amerika masih dapat dihuni oleh manusia. Hal ini di sebabkan karena wilayah ini pada musim-musim tidak terjadi pembekuan es. Namun, pada musim dingin, selama beberapa bulan wilayah ini tertutup oleh salju yang tebal dan laut-lautnya pun tidak dapat di layari.keadaan ini menyebabkan tumbuh-tumbuhan tidak ada yang berupa pohon, tetapi hanya berupa padang lumut (tundra).
Penduduk yang berdiam di Kutup Utara disebut orang eksimo. Mata pencaharian orang eksimo adalah berburu dan menagkap ikan. Mereka tidak dapat melakukan usaha pertanian karena tidak ada tanaman pertanian yang mampu berthan hidup pada suhu udara sedingin itu. Binatang-binatang yang banyak hidup di wilayah ini antara lain adalah rusa kutup (yang disebut rendier) dan anjing laut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar