Masyarakat Multikultural

Multikulturalisme adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan pandangan seseorang tentang ragam kehidupan di dunia, ataupun kebijakan kebudayaan yang menekankan tentang penerimaan tehadap adanya keragaman, dan berbagai macam budaya (multicultural) yang ada dalam kehidupan masyarakat yang menyangkut nilai-nilai, sistem, budaya, kebiasaan, dan politik yang mereka anut.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat dengan tingkat keanekaragaman yang sangat kompleks. Masyarakat dengan berbagai keanekaragaman tersebut dikenal dengan istilah masyarakat multikultural. Bila kita mengenal masyarakat sebagai sekelompok manusia yang telah cukup lama hidup dan bekerja sama sehingga mereka mampu mengorganisasikan dirinya dan berfikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batas-batas tertentu(Linton), maka konsep masyarakat tersebut jika digabung dengan multikultural memiliki makna yang sangat luas dan diperlukan pemahaman yang mendalam untuk dapat mengerti apa sebernya masyarakat multikultural itu.
Multikultural dapat diartiakn sebagai keragaman atau perbedaan terhadap satu kebudayaan dengan kebudayaan yang lain. Sehingga masyarakat multikultural  dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang  tinggal dan hidup menetap disuatu tempat yang memiliki kebudayaan dan cirri khas tersendiri yang mampu membedakan antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lainnya. Setiap masyarakat akan menghasilkan kebudayaannya masing-masing yang akan menjadi ciri khas bagi masyarakat tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar