Salah Satu Negara Berkembang Di Dunia

Brazil merupakan salah satu negara berkembang yang berada di kawasan amerika latin atau amerika selatan. Kawsan amerika latin berarti merujuk pada sebuah kawasan di amerika yang memiliki karakteristik budaya eropa selatan atau umumnya berbahasa spanyol, tetapi brazil berbahasa portugis.
Awalnya, brazil merupakan koloni portugis. Pada tanggal 7 september 1822, brazi memisahkan diri dari portugis dan menjadi kerajaan brazil yang merdeka. Pada masa ini perbudakan amat merajalela. Namun demikian, pada tanggal 15 November 1889 melalui pemberontakan yang mengakibatkan raja turun tahta, kerajaan brazil berubah menjadi republik serikat.peristiwa itu sekaligus menandai berakhirnya masa perbudakan di negara ini.
Jika kita bandingkan antara kawasan amerika latin dengan kawasan di sebelah utaranya yang di sebut amerika anglo terdapat perbedaan yang besar dan nyata. Perbedaan tersebut mulai dari iklimnya sampai kebudayaannya, dari standar hidup sampai ke angka harapan hidup, serta perbedaan antara dunia industri dan dunia yang miskin atau kurang berkembang.
Umumnya, amerika latin memiliki iklim tropis, wilaya daratan terletak di belahan selatan, tingkat kelahiran tinggi, kemiskinan yang meluas, perbedaan yang nyata antara  sedikitnya penduduk yang kaya tinggal di pusat kota dan banyaknya penduduk miskin yang tinggal di wilaya pinggiran. Namun demikian, jika di bandingkan dengan negara Asia maupun Afrika, amerika latin sedikit lebih industrialis, terutama jika melihat Meksiko, Argentina, dan brazil merupakan negara industri baru.
Secara fisik benua Amerika dapat di bagi menjadi tiga bagian wilayah, yaitu Amerika utara (AS dan Kanada), Amerika Tengah ( Meksiko Argentina atau Chili). Brazil adalah sala satu negara yang berada di kawasan Amerika Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar